Tuesday 6 March 2012

Dian Fernanda ATAU Dian Pernanda???

Seorang sastrawan Inggris, Shakespeare, berkata “What’s in a name?” Apalah arti sebuah nama?”, tapi nama itu adalah sesuatu yang amat penting. Nama adalah doa / harapan orang tua terhadap anaknya. Jika sebuah nama itu tidak ada artinya, bisa dibayangkan berjuta2 orang di dunia orang ini dan tidak memiliki nama, maka dengan apa kita akan menyapa atau memanggilnya.

Ketika saya bertanya kepada Orang tua arti nama saya, mereka menjawab tidak tau, waktu buat nama itu terlintas begitu saja. Setelah mencari di "Mbah Google", Dian itu berarti lentera, cahaya, pelita, penerang hati atau penerang jiwa, sementara Fernanda berarti petualang (jerman). Mungkin maksud dari kedua orang tua saya, Dian Fernanda berarti Anak pertama yang menjadi penerang hati, nanda sama dengan anak, fer diartikan pertama. Tapi entahlah, biarkan saja orang tua saya yang tau maksud arti dan tujuan nama itu.

Dari lahir sampai kelas 6 SD, saya memakai nama Dian Fernanda, dan pada suatu hari setelah UN SD maka wali kelas saya meminta fotocopy akte kelahiran semua murid nya untuk pembuatan ijazah agar tidak terjadi kesalahan dalam ijazah. dan ternyata walaupun saya sudah memberikan fotocopy ijazah kepada wali kelas saya, yang jelas-jekas tertulis nama DIAN FERNANDA tapi di ijazah saya tertulis DIAN PERNANDA. Walaupun sempat kesal waktu itu tapi saya tidak menindak lanjuti untuk protes dan minta di ganti, dan saya tidak berpikir panjang akan dampaknya di kemudian hari.

Di kelas 3 SMP, guru saya juga meminta fotocopy akte kelahiran untuk pembuatan ijazah, karena ijazah dan akte kelahiran saya nama nya berbeda maka saya bertanya kepada guru tersebut nama mana yang akan di gunakan di ijazah SMP saya, dan ternyata yang digunakan adalah DIAN PERNANDA. Begitu selanjutnya sampai ketika saya SMK dan melanjutkan ke Perguruan Tinggi, bahkan saat ini kartu identitas saya pun semuanya mengunakan nama tersebut.

Dengan nama Dian saja orang-orang kadang berpikir ini laki-laki atau perempuan, karna memang banyak sekali orang yang bernama Dian baik laki-laki atau perempuan, dan kemudian di tambah lagi Pernanda, maka orang-orang semakin berpikir bahwa itu adalah nama laki-laki. Bahkan dibeberapa kejadian saya pernah di panggil Bapak Dian Pernanda, kesal sebenarnya, tapi mau bagaimana lagi, sudah nasib saya seperti itu.

Dan saya perpikir, saat saya menikah nanti, pengucapan ijab kabulnya nama saya yang di pakai DIAN FERNANDA atau DIAN PERNANDA?? Hmmm... Kita liat saja nanti nama mana yang akan di pakai (hehehehe...)



3 comments:

  1. hemh....
    nama yg unik....

    tapi mungkin emank ilat'e wong jowo..
    dari Fe jadi Pe.. ^_^

    ReplyDelete
  2. Heey,
    Nama temanku yg cowok Dian, tapi ada juga nama temanku yg cewek Dian. Hahaha. Jujur, nama aku aja Dia, laki-laki. Tapi ada juga Dia, perempuan. Wakakkaa...

    Fernanda, kan yang dipakai? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nama Dian itu pasaran, cewek cowok, klo Dia yg cowok si baru kang Qefy doank yg pernah dian denger hehehe..
      Mungkin fernanda kang, kita liat saja nanti :D

      Delete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^

Membuat Kimchi rumahan

Sebagai salah satu penggemar Kimchi makanan Korea, yang dulu sampai bela-belain beli di salah satu restoran korea di bandung dan dipaketin ...