Thursday 26 December 2013

One Day One Juz (ODOJ)

Nama komunitasnya ODOJ singkatan dari One Day One Juz, sebuah gerakan yang di pelopori oleh komunitas Rumah Qur'an yang di gagas oleh mahasiswa di Jakarta. Komunitas ini adalah sebuah komunitas yang membawa anggotanya untuk aktif membaca Al Qur'an 1 Juz setiap harinya.


Pertama kali saya liat komunitas ini di TL FB, karena penasaran saya klik fanspagenya ODOJ dan setelah saya scroll dan di baca sampe bawah ternyata saya tertarik dan mendaftarlah via sms, ditunggu 1 hari dua hari kok nggak ada tanggapan, setelah bertanya ke teman yang telah bergabung, barulah tanggal 10 Desember saya bergabung dengan Grup ODOJ ini di Whatsapp, miminnya mbak Riza, dan hari itu kami menunggu terkumpul 30 Akhwat untuk bisa memulainya, setelah terkumpul 30 dan mulai lah kami melakukan pembagian Juz dan  memilih Juz mana yang akan pertama kali dibaca, karna saat itu saya sudah di Juz 15 jadi saya minta Juz 16 dan sekarang saya sudah sampai di Juz 30. 

Sungguh saya sangat amat bersyukur bisa bergabung dengan komunitas ini, setiap hari saya bisa berinteraksi dengah Al-Qur'an. Sebelumnya saya bisa membaca 1 juz sehari hanya ketika Ramadhan dan setelah itu hanya selembar atau dua lembar itu pun lebih banyak bolong dari pada nggaknya, tapi sekarang tiap hari saya bisa berinteraksi dengan Al-Qur'an, jika sedang berhalangan saya memilih opsi ke 3 dengan membaca terjemahannya.

Berada dalam komunitas ini membuat saya semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan juga saling berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat), bagaimana tidak bersemangat, ketika baru buka mata saja dan membuka HP ketika subuh, sudah banyak saja para Odojers (sebutan untuk anggota ODOJ) yang melapor Done/Kholas, dan juga di grup ini kita saling di mengingatkan, saling menyemangati dan saling sharing ilmu, dan saya merasakan indahnya Ukhuwah pada komunitas ini, walaupun tak saling bertemu dan terpisah jarak pulau maupun negara tapi berasa sangat amat dekat. 

Update terakhir sudah ada 40.000 an lebih yang bergabung dengan komunitas ini baik di Indonesia maupun di luar Indonesia, di Grup saya saja ada mbak yang tinggal di Jepang, dan saudara yang kuliah di Cairo pun sudah bergabung dengan komunitas ini. Semoga komunitas ini semakin banyak peminat dan istiqomah, menciptakan masyarakat yang cinta Al Qur'an dan selalu berinteraksi dengan Al Qur'an. Aamiin..


Owh ya 11 Mei 2014 nanti akan diadakan launching nasional ODOJ dan diadakan mabit bersama untuk semua Odojers di Mesjid Istiqlal Jakarta, semoga saya bisa menjadi salah satu Odojers yang hadir di sana Aamiin....


4 comments:

  1. Waaaah....pengen gabuung. Memang seharusnya seperti itu ya Yan punya kelompok jadi kita terpacu untuk fastabiqul khoirot

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lin,, jadinya lebih semangat membara

      Delete
  2. seandainya HPku bisa pake Whatsapp, T _T

    ReplyDelete
    Replies
    1. via sms juga bisa kok mas, coba daftar aja

      Delete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^

Membuat Kimchi rumahan

Sebagai salah satu penggemar Kimchi makanan Korea, yang dulu sampai bela-belain beli di salah satu restoran korea di bandung dan dipaketin ...