Thursday 16 May 2013

Museum Adityawarman, Padang - Sumatra Barat

Beberapa minggu terakhir ini Batam selalu di guyur hujan hampir setiap hari, tak terkecuali pagi ini, ketika saya terbangun jam 4 pagi hujan mengguyur deras di luar rumah, dan hujannya awet banget sampai saya berangkat kerja. Begitu saya sampai di tempat kerja, hujan pun masih tetap mengguyur meski tak begitu lebat. Entah kenapa ketika hujan begini, ingatan saya tetiba teringat waktu berkunjung ke Museum Adityawarman Sumatra Barat beberapa bulan lalu. Maka jadilah ulasan tentang Museum Adityawarman berikut ini hehe...

Museum Adityawarman tampak Depan
Museum Adityawarman adalah salah satu museum yang berada di Kota Padang, lokasi museum terletak di Jalan Diponegoro no: 10,  tak begitu jauh dari Taman Budaya Kota Padang. Begitu memasuki gerbang kita akan langsung di suguhi dengan hijau dan asrinya taman Museum. Dan saya langsung jatuh cinta dengan tempat ini, dan berkata dalam hati "kapan ya Batam punya tempat asri gini? hehehe".

Taman Museum ketika hujan
Saya suka banget dengan foto hujan yg 1 ini, Adem :)
Sebelum sampai di gedung utama museum hujan datang mengguyur, segera saja saya bergegas memasuki gedung museum yang berbentuk Rumah Gadang itu. Sembari menunggu hujan, saya berkeliling museum, disini banyak sekali koleksi museum terutama yang mengenalkan pengunjung tentang kebudayaan Ranah Minang. 

Suasana Setelah hujan 
Disini juga terdapat penjelasan tentang sistem kekerabatan Matrilineal, yaitu sistem kekerabatan keluarga menurut garis keturunan ibu. Itulah yang membedakan Suku Minang dengan suku-suku lain yang ada di nusantara, hanya di Ranah Minang yang menggunakan sistem kekeraban Matrilineal ini. 

Disini juga terdapat berbagai koleksi buku yang menceritakan budaya Minang. Berbagai macam pakaian adat yang digunakan di Ranah Minang dan juga berbagai macam perhiasan yang di gunakan oleh kaum perempuannya. Ada juga replika makanan yang dibawa ketika "Barelek Gadang" (Pesta), koleksi alat-alat dapur, alat-alat perang, kendaraan, serta peralatan berburu jaman dulu, ada juga replika berbagai macam bentuk Rumah Gadang di Setiap Kabupaten di Ranah Minang. Owh ya di taman belakang Museum juga terdapat patung dan batu arca jaman dulu. 

Peralatan dapur jaman dulu
Replika kendaraan jaman dulu

Al-Qur'an lama

Motif ukiran Minang
Beragam motif ukiran

Replika Rumah Gadang

Replika Rumah Gadang
Taman Belakang Museum

Taman Belakang Museum

Taman Belakang Museum
Salah satu tempat yang saya sarankan jika berkunjung ke kota Padang adalah Museum ini, Insya Allah banyak ilmu hehe.. terutama tentang kebudayaan Minang. 

Taman Budaya di seberang kanan Museum

6 comments:

  1. waahh, jadi pengen main ke sana :D moga suatu saat bisa,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Ayo mbak ila main ke Sumbar, banyak Objek wisata menariknya hehe..

      Delete
  2. Wow menarik @.@
    Mau ke Padang~
    Aku punya teman bapaknya namanya sama kayak museum ini.
    Aku kira itu nama Sanskrit yang hubungannya ama Jawa gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Una main ke Padang, jngan lupa mampir jga ke Bukit Tinggi sama payakumbuh :)

      Delete
  3. Gambarnya jernih banget. Ngambilnya pake kamera apa?

    ReplyDelete

Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak ^^

Membuat Kimchi rumahan

Sebagai salah satu penggemar Kimchi makanan Korea, yang dulu sampai bela-belain beli di salah satu restoran korea di bandung dan dipaketin ...